Sabtu, 30 Juni 2012

HUKUM KONSTRUKSI DI INDONESIA

Proyek Konstruksi Gedung
Proyek Konstruksi

Indonesia adalah Negara Hukum. Seluruh aspek di negara kita harus mempunyai dasar hukum, termasuk dalam hal industri konstruksi. Kali ini saya akan membahas sedikit - dasar dasar tentang Hukum Konstruksi di Indonesia - Construction Law.

Sebelum itu, kita perlu mengetahui bahwa ada hirarki hukum perundang-undangan RI. Hal ini secara jelas tercantum dalam  UU No. 12/2011

  1. Merupakan hukum dasar dalam peraturan perundang-undangan. Seluruh Peraturan RI tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945
  2. Ketetapan MPR (TAP MPR)
  3. Undang-Undang (UU) atau PERPU (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang)
  4. PP (Peraturan Pemerintah)
  5. PERPRES (Peraturan Presiden)
  6. PERDA (Peraturan Daerah) termasuk di dalamnya Qanun yang berlaku di Nangroe Aceh Darussalam dan Perdassus/Perdasi yang berlaku di Provinsi Papua dan Papua Barat
Hirarki ini menunjukkan tingkat kekuatan hukum tersebut. Hirarki yang lebih tinggi artinya lebih kuat di mata hukum.Hirarki yang lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang hirarkinya berada di lebih atas.

KONSEP KEBIJAKAN HUKUM KONSTRUKSI DULU DAN SEKARANG

DULU:
Bangunan >> Pihak (pemilik & tetangga) >> Izin Adat

SEKARANG:
Bangunan >> Pihak (yang terdiri atas: Pemilik, konsultan, kontraktor, bank) >> Izin Pemerintah

Saat ini, Hukum Konstruksi mengatur berbagai jenis kegiatan dalam industri konstruksi di Indonesia, sepertiL
  • Penyelenggaraan Jasa Konstruksi
  • Pengadaan Barang/Jasa Konstruksi
  • Bentuk-Bentuk Kontrak Konstruksi
  • Aspek Keuangan dan Perbankan Konstruksi
  • Aspek Perpajakan Dalam Kontrak Konstruksi
  • Klaim Konstruksi
  • Proses Penyelesaian Sengketa Konstruksi
  • Lembaga dan Para Pihak dalam Kontrak Konstruksi
Hukum Konstruksi yang masih berlaku di Indonesia diantaranya:
  • AV 41 (Syarat-syarat umum)
  • UUJK No.18 tahun 1999
  • Peraturan Pemerintah No. 29 tentang Penyelenggaraan jasa Konstruksi




Jumat, 29 Juni 2012

Misteri Menara Saidah

Gedung Angker
Menara Saidah

Pernah lewat jalan MT. Haryono? Ada banyak gedung bertingkat tinggi di jalan yang sangat strategis itu. Pasalnya, MT. Haryono dekat dengan terminal UKI, stasiun cawang,dan pintu tol. Pusat perbelanjaan Carrefour pun ada disana. Tapi pernah memperhatikan gak bahwa di jalan itu ada gedung tingkat tinggi yang sudah tidak difungsikan lagi. Namanya adalah : Menara Saidah

Saya sendiri sering kali lewat jalan MT Haryono tersebut, tapi baru sadar kalau gedung itu sudah kosong awal tahun 2012 ini. Hal ini wajar, karena selain arsitektur Menara Saidah tetap terlihat menakjubkan dari kejauhan, gedung masih terlihat kokoh, dan setiap kali saya lewat Menara Saidah, saya masih melihat lampu ungu di paling atas gedung menyala terang benderang-dan membuat saya takjub, ya, saya melihat Menara Saidah ini hanya ketika malam hari. Namun ketika suatu siang saya lewat sana, saya baru sadar bahwa taman area lobby Menara Saidah sudah tidak terawat, banyak dedaunan dan pohon kering, serta setelah memerhatikan berulang kali banyak kaca yang pecah di lantai atas. Hal yang membuat saya bertanya: Mengapa gedung sebagus, se-trategis dan semegah ini tidak difungsikan?

Saya pun searching di google tentang Misteri Menara Saidah yang kosong ini.Kenapa MISTERI? Dari google saya mengetahui bahwa ada beberapa alasan kenapa gedung ini akhirnya kosong, namun TIDAK ADA KEPASTIAN akan berita tersebut. 

Fakta mengenai Menara Saidah yaitu:
  1. Menara Saidah terletak di daerah yang sangat strategis, hanya berjalan kaki dari stasiun cawang, dilewati angkutan umum setiap jamnya. Dan kalau masih berfungsi saat ini, akan lebih strategis lagi karena ada halte transjakarta di dekat sana.
  2. Menara Saidah didirikan jauh sebelum krisis moneter terjadi pada tahun 1998. Awalnya bernama Gedung Grancindo, sang pemilik mengalami kebangkrutan kemudian menjualnya ke Saidah Abu Bakar Salim.
  3. Pada saat masih bernama Gedung Grancindo, gedung tersebut mempunyai 15 lantai. Namun ketika berpindah kepemilikan, pemilik melakukan renovasi besar-besaran menjadi 28 Lantai dan berganti nama menjadi Menara Saidah.
  4. Inneke Koesherawati dikabarkan merupakan menantu dari pemilik gedung ini.
  5. Pada masa kejayaannya, Menara Saidah ini merupakan gedung bergengsi yang diminati banyak pebisnis seperti: Kementrian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia (di lantai 18), PT. Merial Esa, PT. Merial Medika, dan sebagainya.
  6. Arsitektural gedung bergaya Romawi, namun nama gedungnya islami.
  7. Merupakan gedung tertinggi (dan terindah arsitekturnya menurut saya) di kawasan Cawang tersebut.
  8. Gedung sudah tidak beroperasi lagi sejak tahun 2007 dikarenakan sebab yang tidak difungsikan
  9. Setelah tidak beroperasi lagi, masih banyak yang tertarik akan gedung ini dan berniat membelinya, namun pemilik lama tidak pernah menunjukkan gambar, sehingga calon pembeli tidak mau mengambil risiko dan membatalkan keinginannya.
  10. Menara Saidah masih dijaga oleh satpam sampai saat ini, dan dibersihkan sesekali oleh petugas kebersihan kota di bagian luarnya saja.

Desas-desus Misteri Menara Saidah yang berhenti dioperasikan:
  1. Gedung Menara Saidah miring. Dikabarkan salah satu pondasinya patah yang mengakibatkan gedung ini miring. Sehingga berbahaya pagi pengguna gedung
  2. Pengelola gedung tidak sinergi lagi, kabarnya terlalu banyak tangan yang ingin mengelola gedung  (keluarga besar : kakak dan adik pemilik) sehingga harga sangat tinggi.  sehingga membuat penghuni satu persatu meninggalkan gedung.
  3. Lift berjalan lambat. Kabarnya hal ini sering diprotes oleh pengguna gedung, namun tetap saja diabaikan.Hal ini membuat pengguna tidak nyaman.
  4. Gedung Angker dan Banyak kejadian janggal yang terjadi. (bisa dicari di google, gak sanggup nyeritainnya disini)
Hal-hal yang patut dipertanyakan tentang Menara Saidah:
  1. Kalau memang gedung miring atau mengalami penurunan gedung yang tidak dapat ditolerir lagi kemiringan atau penurunannya, dibetulkan/diperkuatpun hampir mustahil karena biayanya mahal misalnya, kenapa tidak segera dihancurkan saja? Sampai dengan tahun 2012 ini, sudah 5 tahun gedung tidak difungsikan.
  2. Kalau keadaannya seperti nomor satu diatas, berarti ada yang salah ketika konstruksinya sehingga pondasi patah (sekali lagi, ini JIKA MEMANG KONDISI DEMIKIAN). Maka pertanyaan muncul: Ketika akan menambah jumlah lantai, sudahkah sesuai speknya? apakah pihak P2B dan instansi terkait sudah memeriksa kelayakannya? Apakah beban sesuai dengan kekuatan pondasi? dan sudahkah uji tanah yang benar?
  3. Kalau keadaannya ada masalah di pengelola gedung dan manajemen operasional Menara Saidah. Apakah keputusan yang tepat memberhentikan total kegiatan di dalam gedung? Bisa saja memperbaiki atau mengganti menajemen merupakan pilihan alternatif. Mengingat perombakan gedung pasti memakan biaya yang banyak, lagipula harga sewa gedung strategis itu rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja.
  4. Lalu, yang saya lihat malam hari, lampu bagian puncak Menara Saidah yang berwarna ungu itu benar-benar menyalakah?? hiiiii..
Sayang sekali, Menara Saidah yang memikat hatiku ketika malam itu masih menjadi Misteri...


PERATURAN JASA KONSTRUKSI DI INDONESIA

Foto proyek konstruksi
Central Park Jakarta


Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sangat berkembang pesat, setelah bangkit dari krisis moneter pada tahun 1998. Dalam perkembangannya, Industri Konstruksi adalah salah satu aspek yang menunjang pesatnya pertumbuhan ekonomi tanah air. Karena industri konstruksi menyerap tenaga kerja yang besar, sumber daya yang besar sehingga mendorong perumbuhan ekonomi tanah air. Sebagai buktinya, pada saat krisis moneter saja, walaupun banyak perusahaan yang gulung tikar, industri konstruksi lah yang mampu masih bertahan dan cepat pulih. 

 Tahun 2012 ini industri konstruksi terus berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Namun, perkembangan tersebut tidak seiring dengan peningkatan kualitas dan kinerja yang menyangkut mutu, produk, ketepatan waktu pelaksanaan, efisiensi dan efektifitas sumber daya yang dipakau, modal, teknologi, dsb yang disesiakan oleh Penyedia Jasa Konstruksi. Untuk mengendalikan dan mengatur kinerja Penyedia Jasa Konstruksi dan meminimalkan kerugian bagi Pengguna Jasa Konstruksi serta agar penyelenggaraan kegiatan konstruksi lebih teratur dan terarah, maka Pemerintah RI mengeluarkan beberapa kebijakan berupa PERATURAN JASA KONSTRUKSI yang berkaitan dengan sektor konstruksi di Indonesia. Daftar Peraturan Jasa Konstruksi tersebut sebagai berikut:


UNDANG UNDANG

  1. Undang Undang Jasa Konstruksi No. 18 tahun 1999 Tentang Jasa Konstruksi

    UUJK No. 18 Tahun 1999 ini mengatur kontrak proyek konstruksi di Indonesia terutama yang asal dananya berasal dari pemerintah/kas negara. UUJK mengatur hubungan antara Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa Konstruksi seperti misalnya yang tertulis dalam UUJK No.18/1999 Pasal 22 ayat 2.

PERATURAN PEMERINTAH

Peraturan pemerintah ini merupakan peraturan pendukung atas peraturan jasa konstruksi yang tertulis dalam UU Jasa Konstruksi No 18 Tahun 1999.
  1. PP No. 28/2000 Tentang Usaha dan Peran Masyarakat Jasa Konstruksi
  2. PP No. 29/2000 Tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi
  3. PP No. 30/2000 Tentang Penyelenggaraan Pembinaan Jasa Konstruksi

PERATURAN PRESIDEN
  1. Kepmen PU No. 339/2003 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengadaan Jasa Konstruksi
  2. Kepmen PU No. 57/2004 Tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi
  3. Kepmen PU No. 43/2007 Tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi
PERATURAN LEMBAGA
  1. Peraturan LPJK No. 11 A/2008 Tentang Registrasi Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi

Seluruh Peraturan Jasa Konstruksi di atas merupakan peraturan yang saat ini digunakan dan merupakan dasar hukum penyelenggaraan kegiatan konstruksi dalam membuat kontrak konstruksi. Untuk Mendownload Peraturan Jasa Konstruksi Indonesia, silahkan langsung saja klik tulisannya. 

Kamis, 28 Juni 2012

Menaikkan Rank Alexa Dengan Mudah

Blog SEO
SEO
Bagi blogger baru, pasti sebal banget kan kalau rank alexa nya masih NO DATA? nah, berbekal dari minimnya ilmu SEO, saya cari-cari tentang bagaimana menaikkan rank alexa dengan mudah.
Postingan ini saya ambil dari blog tetangga (http://kucobaberbagi.blogspot.com) , dari sedikit paparannya sepertinya cara ini cukup menarik meskipun sudah banyak yang menggunakan cara ini, saya sendiri sudah pernah menemukan trik ini dibeberapa blog temen-temen, namun baru kali ini ada keinginan untuk mencobanya, semoga saja trik ini betul-betul membantu sesuai dengan judulnya yaitu menaikkan rank alexa dengan mudah, hmm... menarik bukan? yuk kita coba caranya! 

:: Buat artikel seperti ini atau copy saja artikel saya ini (seluruh isinya juga tidak apa-apa).
:: Klik setiap link, lalu ambil url-nya, ini untuk membuat link hidup di artikel anda nanti ( pastikan saat anda membuat atau mengcopy artikel ini, memuat link hidup/link yang bisa di klik ) dan berikut daftar link nya:


:: Tugas anda selanjutnya, menghapus link pertama pada artikel anda nanti sehingga link yang kedua jadi link yang pertama, yang ketiga jadi yang kedua, yang keempat jadi yang ketiga dan seterusnya, nah untuk mengisi link ke 10 isi dengan link blog anda (lihat link diatas blog saya ada di urutan 10), jika anda nanti mengcopy atau menulis artikel seperti ini berarti blog saya nanti ada diurutan 9, dan blog anda di posisi 10. Pastikan urutannya benar, jangan sampai berbuat curang atau merubah urutan jadi tidak sesuai dengan urutan yang saya uraikan diatas.
   Selanjutnya biarkan orang lain mengcopy artikel anda tersebut, atau sebarkanlah artikel tersebut sehingga banyak yang mengcopy artikel anda, dan pastinya nanti posisi blog anda akan berubah tidak akan di posisi 10 terus, jika anda langsung memasukan link blog anda di posisi 5 atau bukan di posisi 10 link blog anda akan cepat hilang, jika anda mempunyai banyakpengcopy/downline. Dan inilah jumlah backlink yang akan didapat :
Posisi 10, jumlah backlink = 1
Posisi 9, jumlah backlink = 5
Posisi 8, jumlah backlink = 25
Posisi 7, jumlah backlink = 125
Posisi 6, jumlah backlink = 625
Posisi 5, jumlah backlink = 3,125
Posisi 4, jumlah backlink =15,625
Posisi 3, jumlah backlink = 78,125
Posisi 2, jumlah backlink = 390,625
Posisi 1, jumlah backlink = 1,953,125

Wooww..! fantastis bukan jika anda nanti sudah ada diposisi 1, Oh ya...satu lagi, nama dari alamat blog dapat dimasukan kata kunci yang anda inginkan yang juga dapat menarik perhatian untuk segera diklik. Dari sisi SEO anda sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efek sampingnya jika pengunjung downline mengklik link anda maka anda juga mendapat traffic tambahan. Cara ini juga sangat efektif buat blog baru, selamat mengcopy, dan tunggu backlink mengalir ke blog anda.

Selamat mencoba dan semoga cara ini bisa berhasil.

Rabu, 20 Juni 2012

Definisi Kontrak

Risiko Konstruksi
Tugas Akhir

Analisa Alokasi Resiko Konstruksi Pada Klausul-Klausul Kontrak Konstruksi oleh Fadillah Putri Dirgahayu, Universitas Pancasila 2012

Potongan Bab I
Istilah kontrak sangat sering dijumpai di kalangan umum, namun kadangkala banyak orang yang belum dapat mendefinisikannya. Kata “Kontrak”  merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yaitu contract of law. Sedangkan dalam bahasa Belanda kontrak adalah overeenscomstrecht (perjanjian).
Menurut Laurence M. Friedman (2001:196), mengartikan hukum kontrak sebagai:
“Perangkat hukum yang mengatur aspek tertentu dari pasar dan mengatur jenis perjanjian tertentu”

Disisi lain, Michael D. Bayles (1987:143) mengartikan bahwa hukum kontrak adalah aturan hukum yang berkaitan dengan pelaksanaan perjanjian atau persetujuan. Di Indonesia, Salim H.S (2003) dalam bukunya berpendapat bahwa kontrak adalah persetujuan dan ikatan warga hukum.
Dari definisi di atas, terlihat bahwa banyak pendapat mengenai definisi kontrak yang dilihat dari aspek dan sudut pandang yang berbeda namun tidak terlalu jelas maksudnya. Namun demikian kita bisa mendefinisikan kontrak dengan lebih baik jika melihat dari pendapat seorang ahli hukum perdata Belanda Van Dunne (1990) yang mengkaji kontrak secara kontraktual dan memperhatikan setiap tahapannya:
“Keseluruhan dari kaidah kaidah hukum yang mengatur antara dua pihak atau lebih berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum”.

Sedangkan pengertian kontrak menurut Pasal 1313 KUHPerdata adalah suatu perbuatan dimana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih.
Secara khusus, dalam dunia konstruksi, Undang Undang No. 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi menjelaskan pengertian Kontrak Kerja Konstruksi adalah keseluruhan dokumen yang mengatur hubungan hukum antara pengguna jasa dan penyedia jasa dalam penyelenggaraan pekerjaan konstruksi.
Kontrak konstruksi berbentuk surat perjanjian (tertulis) antara kedua belah pihak untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi dan kontrak tersebut digunakan sebagai alat untuk menjamin pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan baik. Kontrak berisi aturan aturan, hak dan kewajiban para pihak yang terkait sehingga pihak-pihak terkait dapat melaksanakannya sesuai dengan yang diharapkan.

Jumat, 15 Juni 2012

Concrete Slump Test - Uji Slump Beton

Tes Beton
Mengukur nilai slump

Uji Slump adalah suatu uji empiris/metode yang digunakan untuk menentukan konsistensi/kekakuan (dapat dikerjakan atau tidak)dari campuran beton segar (fresh concrete) untuk menentukan tingkat workability nya. Kekakuan dalam suatu campuran beton menunjukkan berapa banyak air yang digunakan. Untuk itu uji slump menunjukkan apakah campuran beton kekurangan, kelebihan, atau cukup air. 

Dalam suatu adukan/campuran beton, kadar air sangat diperhatikan karena menentukan tingkat workability nya atau tidak. Campuran beton yang terlalu cair akan menyebabkan mutu beton rendah, dan lama mengering. Sedangkan campuran beton yang terlalu kering menyebabkan adukan tidak merata dan sulit untuk dicetak.

Uji Slump mengacu pada SNI 1972-2008 dan ICS 91.100.30

Slump dapat dilakukan di laboratorium maupun di lapangan (biasanya ketika ready mix sampai, diuji setiap kedatangan). Hasil dari Uji Slump beton yaitu nilai slump. Nilai yang tertera dinyatakan dalam satuan internasional (SI) dan mempunyai standar.

BAHAN:


  1. Beton Segar (fresh concrete) yang diambil secara acak agar dapat mewakili beton secara keseluruhan.


PERALATAN:

  1. Kerucut terpenggal (kerucut yang bagian runcingnya hilang) sebagai cetakan slump. Diameter bawah 30 cm, diameter atas 10 cm, tinggi 30 cm. 
  2. Batang logam bulat dengan panjang ± 50 cm diameter 10-16 mm.
  3. Pelat Logam rata dan kedap air sebagai alas
  4. Sendok adukan
  5. Pita Ukur
Kerucut Slump
Kerucut Uji



TAHAPAN UJI SLUMP:

  1. Basahi cetakan kerucut dan plat dengan kain basah
  2. Letakkan cetakan di atas plat
  3. Isi 1/3 cetakan dengan beton segar, padatkan dengan batang logam sebanyak merata dengan menusukkannya. Lapisan ini penusukan bagian tepi dilakukan dengan besi dimiringkan sesuai dengan dinding cetakan. Pastikan besi menyentuh dasar. Lakukan 25-30 x tusukan.
  4. Isi 1/3 bagian berikutnya (menjadi terisi 2/3) dengan hal yang sama sebanyak 25-30 x tusukan. Pastikan besi menyentuh lapisan pertama.
  5. Isi 1/3 akhir seperti tahapan nomor 4
  6. Setelah selesai dipadatkan, ratakan permukaan benda uji, tunggu kira-kira 1/2 menit. Sambil menunggu bersihkan kelebihan beton di luar cetakan dan di plat.
  7. Cetakan diangkat perlahan TEGAK LURUS ke atas
  8. Ukur nilai slump dengan membalikkan kerucut di sebelahnya menggunakan perbedaan tinggi rata-rata dari benda uji.
  9. Toleransi nilai slump dari beton segar  ±  2 cm 
  10. Jika nilai slump sesuai dengan standar, maka beton dapat digunakan
Pemadatan Slump
Pemadatan

uji slump
Mengangkat Kerucut

Uji Slump
Mengukur Tinggi Slump



PERHITUNGAN NILAI SLUMP

NILAI SLUMP = Tinggi cetakan - tinggi ratarata benda uji



Bentuk Slump akan berbeda sesuai dengan kadar airnya. 

Nilai Slump
  • Gambar 1 : Collapse / runtuh
Keadaan ini disebabkan terlalu banyak air/basah sehingga campuran dalam cetakan runtuh sempurna. Bisa juga karena merupakan campuran yang workabilitynya tinggi yang diperuntukkan untuk lokasi pengecoran tertentu sehingga memudahkan pemadatan,
  • Gambar 2 : Shear 
Pada keadaan ini bagian atas sebagian bertahan, sebagian runtuh sehingga berbentuk miring, mungkin terjadi karena adukan belum rata tercampur.
  • Gambar 3 : True
Merupakan bentuk slump yang benar dan ideal.

Jika pada sat uji slump bentuk yang dihasilkan adalah collapse atau shear, maka tidak perlu membuat campuran baru terburu-buru. Cukup ambil sample beton segar yang baru dan mengulang pengujian.

Standar nilai slump yang biasa dipakai (wikipedia.com)

0-25 mm untuk jalan raya
10-40 mm untuk pondasi (low workability)
50-90 mm untuk beton bertulang normal menggunakan vibrator (medium workability)
>100 mm untuk high workability

Namun standar setiap negara kadang berbeda. Berdasarkan ACI Commitee 2011 :

Uji Slump
Tabel nilai slump berdasarkan ACI


Berdasarkan Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971

 :
Slum PBBI
Tabel Slump berdasarkan PBBI 1971

Kelebihan dari Uji Slump adalah dapat dilakukan oleh semua orang: mudah dilakukan dan mudah diukur, bahkan oleh tukang / pekerja sekalipun. Sehingga Uji ini lebih populer dibandingkan uji lainnya dan sampai saat ini masih digunakan.



Selamat Uji Slump :)

Minggu, 03 Juni 2012

Sejarah Patung Pancoran - Patung Dirgantara

Pernah lewat daerah Pancoran gak? pernah liat di perempatan jalan itu (depan gedung Mustika Ratu) ada patung dengan lengkung panjang, di atasnya ada patung orang sedang menunjuk ke suatu arah (Arah manaa yaa?? hehehe). Kita mengenalnya dengan nama Patung Pancoran, tapi tau gak kalo nama aslinya (yang tertulis di bawah patung itu) adalah Patung Dirgantara? kita ulas dikit yuuk,,,

patung dirgantara
patung pancoran


Patung Pancoran terletak di bundaran Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kawasan Pancoran Jakarta Selatan. Tepat di kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara (Dahulu merupakan markas besar TNI AU). Posisi ini dianggap strategis karena merupakan pintu gerbang Jakarta Selatan dengan lapangan terbang Halim Perdanakusuma. Patung ini dibuat tinggi agar terlihat dari berbagai arah.

Dirancang oleh Edhi Sunarso pada tahun 1964-1965 dengan bantuan Keluarga Arca Yogyakarta. Ide awalnya sebenarnya datang dari Presiden pertama kita Bapak Ir. Soekarno (bung karno ini penggagas banyak monumen dan gedung di Jakarta loh! see,, namanya juga insinyuur!! presiden pertama insinyur!! hehe lanjuut...) yang ingin sekali membuat monumen untuk dunia penerbangan alias kedirgantaraan. Proses pengecoran dipimpin oleh I Gardono bersama Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif.

Berat Patung                  : 11 Ton
Tinggi Patung                 : 11 meter
Kaki patung                   : 27 meter

Pelaksana                      : Hutama Karya
Arsitek Pelaksana          : Ir. Sutami
Arti bentuk patung         : menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa

Menampilkan keperkasaan di bidang kedirgantaraan. Menekankan bahwa untuk mencapai keperkasaan, Bangsa Indonesia mengandalkan sifat Jujur, Berani, dan Bersemangat.

Bung Karno sangat ingin melihat terwujudnya patung ini, terlihat megah dan gagah. Saking totalitasnya Bung Karno, sampai-sampai beliau menjual mobil pribadi nya (weeeww.. hari giniii gak ada niiih kepala negara kaya ginii!) dan mengawasi pekerjaan tersebut sendiri (kalo inii siih karena jiwa insinyur kali yaaa..)

Pada saat pengerjaan sempat mengalami keterlambatan karena ada peristiwa G 30S PKI pada tahun 1965. Sempat tersebar isu tidak jelas bahwa patung pancoran menggambarkan alat pencungkil mata orang PKI yang jelas disangkal Bung Karno.

Yang menarik, teknologi sipil jaman dulu masih tradisional banget.. alat pemasangannya saja sederhana : DEREK TANGAN!! yupp.. ditarik manual pake tangaan. Makanya kalo Bung Karno disana, aparat agak repot menjaga keamanan pak presiden,,hihihihi,,

Believe it or not, banyak isu beredar macam-macam kemana Patung Pancoran  menunjuk, diantaranya:

1. menunjuk sebuah lokasi tempat Bung Karno meletakkan harta nya sehingga dipercaya dapat melunasi hutang negara (ini agak ngebingungin yaa,, kenapa kudu ngejual mobil kalo hartanya aja bisa buat ngelunasi hutang negara)

2. Menunjuk sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban Indonesia selama dijajah Belanda.

Naah,, yuuk kita lihat dan perhatikan, kira2 bung patung nunjuk kemana yaa??



sumber : 
http://www.wikipedia.com